Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menyusun Instrumen Penilaian Ranah Kognitif Melalui Pembinaan “PGP” di Sekolah Binaan

Penulis : Kasrip
ISBN 978-602-6276-34-6

Cetakan : Februari 2018
Penerbit : Kresna Bina Insan Prima
Editor : Muhammad Ainul Firdaus
Desain Sampul : Siska Amelia
Desain Isi : Rendy Tri Swasono

Buku yang berjudul Peningkatan Guru dalam Menyusun Instrumen Penilaian Ranah Kognitif Melalui Pembinaan ‘PGP’ di Sekolah Binaan adalah karya tulis berupa Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan penulis dimana pada umumnya guru-guru sekolah binaan membuat soal ranah kognitif hanya dengan menggunakan kata kerja operasional pada level ingatan dan pemahaman. Padahal kebiasaan tersebut kurang mendukung upaya untuk mendorong siswa memiliki kemampuan berfikir kritis dan kreatif.

Pokok permasalahan yang diangkat adalah tentang seberapa efektif pola pembinaan Parsial General Parsial (PGP) dalam memberikan manfaat untuk meningkatkan kemampuan guru menyusun instrumen penilaian ranah kognitif. Serta kualitas instrumen penilaian ranah kognitif yang mereka buat setelah mendapat pembinaan dengan pola ‘PGP’. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif penskoran yang kemudian dipersentasekan. Skor 1 (1-20%) berarti kemampuan guru kurang sekali, skor 2 (21-40%) berarti kemampuan guru kurang, skor 3 (41-60%) berarti kemampuan guru cukup, skor 4 (61-80%) berarti kemampuan guru baik, dan skor 5 (81-100%) berarti kemampuan guru baik sekali.

Temuan dari penelitian ini menunjukkan pola pembinaan ‘Parsial General Parsial’ telah memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman guru dalam hal penggunaan kata kerja operasional dalam KD, IPK, tujuan pembelajaran dan penyusunan butir soal serta kemampuan guru dalam menyusun instrumen penilaian ranah kognitif yang lebih baik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *